Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali melepas putra putri terbaiknya pada Upacara Wisuda Periode II Tahun Akademik 2017/2018. Wisuda yang di gelar di akhir tahun 2018 ini meluluskan sebanyak 1012 mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) dengan 173 wisudawan berpredikat cumlaude, Sabtu (9/12/2017). Dari jumlah tersebut, mahasiswa dengan penyandang cumlaude terbanyak berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS.

Berdasarkan laporan Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt, ke-173 wisudawan cumlaude tersebut terdiri dari 42 lulusan asal FKIP, 3 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 34 lulusan dari Fakultas Teknik, 1 lulusan Fakultas Geografi, 7 lulusan Fakultas Psikologi, 14 lulusan Fakultas Agama Islam, 43 lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan, 3 lulusan Fakultas Kedokteran Gigi, 10 lulusan Fakultas Komunikasi dan Informatika, dan 16 lulusan Sekolah Pascasarjana.

Selain mewisuda mahasiswa dari dalam negeri, UMS juga mewisuda mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Berdasarkan laporan yang diberikan oleh Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt. menerangkan bahwa terdapat 5 mahasiswa dari luar negeri yang diwisuda pada kesempatan tersebut. Kelima mahasiswa tersebut diantaranya (1) Mr. Lateefee Ya-Ngok dari Prodi Teknik Kimia, asal Pattani Thailand, (2) Adul Maneewit dari Prodi Geografi, asal Thepha, Songkhla, Thailand, (3) Miss Atikah Saree dari Prodi Ilmu Keperawatan, asal Yala Thailand, (4) Miss Rosedah Hayeebaka dari Prodi Ilmu Keperawatan, asal Pattani Thailand dan (5) Miss Ananya Hengbaru dari Prodi Kedokteran Gigi asal Yala Thailand.

Selain itu dilaporkan juga mahasiswa terbaik dalam acara wisuda tersebut. Untuk mahasiswa yang mendapatkan IPK tertinggi adalah Indah Permata Dewi dengan IPK 3.94. Dia merupakan mahasiswa Pascasarjana dari Magister Akuntansi. Selain itu dia berhasi menjadi wisudawati terbaik dengan menyelesaikan Tesis nya yang berjudul “Analisis Pengungkapan Sustainability Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di ASRA 2016”.

Dalam kesempatan ini, Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Rektor UMS menyampaikan harapannya agar seluruh mahasiswa yang telah berhasil diwisuda dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk menghadapi perkembangan zaman.

“Saya berharap mudah-mudahan sedikit ilmu yang diperoleh bisa dikembangkan untuk digunakan di kemudian hari dengan berbagai kesempatan yang ada, karena dunia makin berkembang serta maju terus, kita tidak boleh tinggal diam, sehingga kita perlu membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan,” tuturnya dalam sambutan yang diberikan.

Selai itu, dia juga berpesan kepada para lulusan agar nantinya dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia kerja, mereka dapat mengamalkan ilmu yang diperolehnya dengan berlandaskan iman yang telah diajarkan selama 4 tahun.

“Ilmu yang anda peroleh harus diamalkan. Dan di dalam mengamalkan ilmu itu sudah barang tentu 4 tahun lama nya dibekali iman. Antara iman dan ilmu adalah satu kesatuan yang integral  dan itu harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan ketika masuk dalam dunia pekerjaan,” ungkapnya. (Khairul/Eko – Editor. Ahmad)