Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2019, bertempat di Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 UMS, sedangkan Workshop Nasional dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019 di Gedung Seminar FEB UMS. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 230 peserta ini menghadirkan 2 narasumber, yaitu Annisa Nurul Azhar (Dicoding Graduate) dan Esa Firman (Android Developer Bukalapak).

Ketua Panitia Acara, Reylian Prealdream Anareka menjelaskan bahwa “Acara ini merupakan agenda tahunan dari FOSTI. Latar belakang pengambilan tema ‘Make Your Apss Security’ dikarenakan keamanan sebuah informasi merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Masalah ini penting karena jika sebuah informasi dapat di akses oleh orang yang tidak berhak atau tidak bertanggung jawab, maka keakuratan informasi tersebut akan diragukan, bahkan akan menjadi sebuah informasi yang menyesatkan. Setelah diadakan nya acara ini, diharapkan nantinya peserta akan mengetahui bagaimana cara mengembangkan aplikasi yang dibuatnya sekaligus menjaga keamanan nya”.

Dalam acara ini, Annisa memaparkan tentang pengalamannya selama berkecimpung di dunia IT. Ia juga sempat memberikan saran agar para praktisi yang ingin mulai fokus ke ranah IT untuk mengawali langkah dengan mengembangkan aplikasi android, selain itu Annisa juga memberikan tips dan trik menjadi start up yang sukses:
1. Memperhatikan skala prioritas fitur
2. Mulai design secara keseluruhan application flow.
3. Develop apk termasuk testing dan maintenance nya.
4. Development dan maintenance harus selalu update supaya mengetahui perkembangan terkini mengenai dunia IT,
bisa dengan mengikuti komunitas pecinta IT agar dapat sharing ke teman yang lain.

Esa Firman sendiri lebih cenderung memberikan materi mengenai keamanan sistem mobile apps. Ia mengatakan” Keamanan pada aplikasi hanya persoalan menambahkan lapisan lapisan yang akan mempersulit proses hacking atau pencurian data. Tapi ini bukan menjadi alasan kita untuk tidak mengimplementasikannya, dan proses implementasi keamanan yang baik haruslah dimulai dari design dan mindset. Jadi, mulai sejak dini kita amankan aplikasi kita”. Esa Firman juga memberikan pelatihan kepada peserta tentang cara mencari celah keamanan aplikasi yang memungkinan untuk dibobol. Sehingga para peserta dapat praktik secara langsung dalam membuat keamanan di aplikasinya sendiri

Ketua FOSTI UMS, Muhammad Vicky Al Hasri mengungkapkan “Harapan dari terselenggara acara ini, semoga bermanfaat bagi seluruh temen-temen semua, untuk sekarang dan masa mendatang, dan semoga setelah mengikuti acara ini, dari sekian banyak temeb-temen seklaian dapat ikut serta memajukan teknologi yang berada di Indonesia khususnya dalam dunia Start Up”

 

Website            : fosti.ums.ac.id

Instagram        : fosti_ums

Fanspage         : Fosti.Umsurakarta

Twitter             : fostiums

Github             : fosti