Kerja Praktek adalah kegiatan mahasiswa yang dilakukan di masyarakat maupun di perusahaan atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya di masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bidang ilmu tertentu dan aplikasinya.

Setiap semester, Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta membuka kelas untuk mata kuliah Kerja Praktek di dunia industri. Diharapkan dengan adanya mata kuliah Kerja Praktek ini, maka mahasiswa dapat merasakan suasana kerja di dunia nyata serta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan. Mata Kuliah Kerja Praktek mulai dapat diambil di semester 6.

Setelah melaksanakan Kerja Praktek, Mahasiswa diminta untuk membuat laporan Kerja Praktek sekaligus mengumpulkan berkas-berkas terkait. Laporan Kerja Praktek disimpan dalam bentuk File PDF dengan ketentuan isi sebagai berikut :

  1. Cover
  2. Scan Halaman Pengesahan yang sudah ditanda tangani Pembimbing dan Kaprodi
  3. Isi Laporan
  4. Lampiran : Scan Berita Acara Seminar Yang Sudah Ditanda tangani Pembimbing KP
  5. Lampiran : Scan Form Penilaian Pembimbing Lapangan
  6. Lampiran : Scan Surat Selesai Kerja Praktek / Sertifikat Selesai Kerja Praktek
  7. Lampiran : Scan Kartu Bimbingan KP (Sudah Ditandatangani Pembimbing Lapangan dan Pembimbing KP)
  8. Lampiran : Scan Presensi Seminar KP
  9. Lampiran : Scan Kartu Seminar (Sudah mengikuti minimal 5X seminar KP)
  10. Lampiran : Scan Sertifikat KKL
  11. Lampiran : Dokumentasi (Optional)

Mahasiswa juga DIWAJIBKAN untuk mengumpulkan BERITA ACARA SEMINAR KP ASLI ke Sekretaris I Program Studi Informatika (Ibu Endah Sudarmilah) untuk keperluan input nilai.

Untuk Submit / Pengumpulan Laporan Kerja Praktek dapat dilakukan setelah Ujian Tengah Semester Sampai tanggal 10 Januari 2019.  Mulai semester Ganjil 2018/2019, pengumpulan laporan kerja praktek tidak lagi dalam bentuk hardcopy, melainkan di submit melalui Link Berikut :

https://goo.gl/forms/BT40L1cym9RAQED42

Setiap mahasiswa yang telah melaksanakan Kerja Praktek, Mengambil SKS Kerja Praktek serta Melaksanakan Seminar Kerja Praktek, DIWAJIBKAN untuk mengumpulkan dokumen dengan mengisi form Di atas.