Program Studi   : Informatika (Informatics)

Jenjang                : S1 (Sarjana)

Tanggal Berdiri  : 20 April 2007

No. SK Pendirian : Surat Keputusan (SK) Ijin Dirjen Dikti No. 930/D/T2007 Tanggal 20 April 2007



...

Sejarah berdirinya Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) diawali dengan pemikiran perlunya mengembangkan konsentrasi Sistem Komputer dan Informatika Jurusan Teknik Elektro UMS dan meningkatkan statusnya menjadi program studi sendiri untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi informasi. Secara formal, Program Studi Informatika UMS adalah Program Studi yang berdiri pada tahun 2007 melalui surat keputusan (SK) Ijin Dirjen Dikti No. 930/D/T2007 Tanggal 20 April dengan konsentrasi pada Perangkat Lunak (Software), meliputi:

  1.  1.  Sistem Informasi
  2.  2.  Sistem Jaringan Komputer
  3.  3.  Rekayasa


Pada tanggal 29 Desember 2011, Program Studi Informatika mendapatkan akreditasi B (Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 047/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011 tertanggal 29 Desember 2011.

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja, maka konsentrasi yang ada di program studi Informatika mengalami perluasan cakupan menjadi:

  1.  1.  Sistem Informasi dan Entreprise (SIE)
  2.  2.  Sistem Jaringan dan Multimedia (SJM)
  3.  3.  Rakayasa Perangkat Lunak dan animasi (RPLA)


Dalam tata kelola universitas, Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) termasuk kedalam Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI). Semua pelayanan administrasi dan kegiatan belajar mengajar (semua kegiatan perkuliahan dan praktikum) dilaksanakan di Gedung J kompleks kampus II UMS yang terletak di Jl. A. Yani, Pabelan, Kartasura Sukoharjo. Informatika UMS berusaha selalu menjaga dan meningkatkan fasilitas pembelajaran baik ruang kuliah maupun laboratorium agar selalu sesuai dengan perkembangan zaman. Laboratorium yang saat ini ada di Program Studi Informatika UMS adalah:

  1.  1.  Laboratorium Komputer Fakultas (digunakan bersama-sama dengan program studi Ilmu Komunikasi)
  2.  2.  Laboratorium Sistem Informasi
  3.  3.  Laboratorium Komputer Jaringan
  4.  4.  Laboratorium Perangkat Lunak



Fasilitas laboratorium tersebut diatas digunakan untuk kegiatan praktikum dan penelitian baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa (tugas akhir/skripsi). Untuk memenuhi kebutuhan pustaka, kegiatan belajar mengajar didukung penuh oleh perpustakaan pusat UMS yang menyediakan buku-buku yang lengkap. Disamping itu, program studi menyediakan koleksi buku-buku, jurnal, majalah, prosiding dan lain-lain yang belum ada di perpustakaan yang dapat dipinjam baik oleh dosen maupun mahasiswa.

Jumlah mahasiswa per angkatan rata-rata adalah 160-200 mahasiswa. Total mahasiswa aktif pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 adalah 651 mahasiswa.

Staff pengajar Program Studi Informatika mempunyai basis pengetahuan yang menunjang arah pengembangan keilmuan dalam bidang Informatika dengan berbagai strata lulusan, terdiri dari 1 orang Profesor (Guru Besar), 7 orang Doktor (S3), 13 orang Master (S2), dan beberapa tenaga pengajar yang masih Sarjana (S1).