VISI

Pada Tahun 2035, Program Studi Informatika menjadi Pusat Unggulan dalam penerapan dan pengembangan iptek di bidang informatika serta pengembangan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman.


MISI

1. Mendidik mahasiswa agar menguasai iptek di bidang informatika berdasarkan nilai-nilai keislaman, sesuai kompetensi akademik dan professional

2. Mengembangkan ilmu melalui kegiatan penelitian dalam bidang informatika, baik teoritis maupun terapan

3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika melalui kemitraan dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membentuk masyarakat berwawasan teknologi







Penjabaran Pokok-pokok Pikiran Tentang Visi dan Misi


Pokok-pokok pikiran tentang visi dan misi dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Pengertian sebagai pusat unggulan adalah bahwa ada produk yang dihasilkan oleh Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta diakui, dibutuhkan dan dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat, baik tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional di bidang:

  1.  a.  Rekayasa Perangkat Lunak
  2.  b.  Game dan animasi
  3.  c.  Sistem Informasi
  4.  d.  Sistem Jaringan Komputer
  5.  e.  Sistem Perangkat Mobile
  6.  f.  Aplikasi berbasis web

2. Penerapan didahulukan terlebih dahulu kemudian baru pengembangan. Maksudnya menerapkan iptek yang sudah ada, kemudian dikembangkan sesuai dengan kemampuan.
3. Sumber daya manusia meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa.
4. Berdasarkan nilai-nilai keislaman maksudnya dalam menerapkan iptek di bidang informatika harus didasarkan pada ajaran islam.
5. Pengertian profesional adalah sesuai dengan etika profesi.
6. Berwawasan teknologi adalah tidak gagap teknologi.



Tujuan Program Studi


1. Menghasilkan lulusan sarjana informatika yang mampu mengadopsi, menerapkan dan mengembangkan iptek di bidang informatika dengan kompetensi sebagai berikut :

  1.  a.  Mampu Menerapkan Ilmunya Secara Professional
  2.  b.  Mampu beradaptasi dan memberi arah perkembangan teknologi
  3.  c.  Mempunyai kesadaran akan nilai-nilai keislaman

2. Menghasilkan produk ilmu pengetahuan di bidang :

  1.  a.  Rekayasa Perangkat Lunak
  2.  b.  Game dan animasi
  3.  c.  Sistem Informasi
  4.  d.  Sistem Jaringan Komputer
  5.  e.  Sistem Perangkat Mobile
  6.  f.  Aplikasi berbasis web


Strategi


1. Untuk menghasilkan lulusan sarjana informatika yang mampu mengadopsi, menerapkan dan mengembangkan iptek di bidang informatika yang mampu menerapkan ilmunya secara professional, ditetapkan strategi:

  1.  a.  Meningkatkan mutu pembelajaran
  2.  b.  Meningkatkan kualifikasi staf akademik
  3.  c.  Meningkatkan soft skill mahasiswa

2. Untuk menghasilkan lulusan sarjana informatika yang mampu beradaptasi dan memberi arah perkembangan teknologi, ditetapkan strategi:

  1.  a.  Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian
  2.  b.  Membimbing aktif mahasiswa dalam mengikuti kompetisi karya ilmiah

3. Untuk menghasilkan lulusan sarjana informatika yang mempunyai kesadaran akan nilai-nilai keislaman ditetapkan strategi:

  1.  a.  Membekali mahasiswa dengan nilai-nilai keislaman melalui mata kuliah wajib
  2.  b.  Mendukung program kajian keislaman yang diselenggarakan oleh Universitas

4. Untuk menghasilkan produk ilmu pengetahuan di bidang rekayasa perangkat lunak, game dan animasi, sistem informasi, sistem jaringan komputer, sistem perangkat mobile, dan aplikasi berbasis web maka ditetapkan strategi:

  1.  a.  Meningkatkan penelitian dan publikasi sesuai bidang tersebut
  2.  b.  Memetakan studi lanjut dosen sesuai bidang tersebut